Jumat, 29 Juli 2011

Menjadi Seorang Moderator

Kata "moderator" bukanlah sebuah istilah asing bagi kalian. Istilah ini biasanya muncul dalam kegiatan diskusi atau debat. Kalian tahu apakah pengertian moderator? Samakah moderator dengan pembawa acara dan MC (Master of Ceremony)?
Berikut akan diulas hal-hal yang berkaitan dengan moderator. Diharapkan setelah kalian mempelajari materi ini, kalian dapat memperkenalkan diri sendiri dan orang lain dalam forum resmi dengan menggunakan intonasi yang tepat.

A. Pengertian
Moderator adalah orang yang memimpin, mengatur, dan memandu suatu kegiatan diskusi. Moderator sering kita jumpai pada acara diskusi atau debat, misalnya acara debat mahasiswa di televisi. Nah, itulah pengertian dari moderator. Adapun pengertian dari pembawa acara adalah seseorang yang membawakan acara yang terikat oleh etika protokoler dan banyak improfisasi dalam membawakannya. Acara yang dibawakan adalah acara resmi. Misalnya pengajian, dan rapat. Sementara itu, MC (Master of Ceremony) adalah orang yang bertanggung jawab terhadap kesuksesan sebuah acara, biasanya acara hiburan dan seni.
Sudahkah kalian bisa membedakan antara moderator, pembawa acara, dan MC?

B. Tugas
Dari pengetian di atas, dapat diketahui bahwa tugas seorang moderator adalah memimpin, mengatur, dan memandu kegiatan diskusi. Memimpin berarti seorang moderator adalah orang yang paling berkuasa dalam kegiatan debat atau diskusi yang dipimpinnya. Moderator mempunyai hak untuk memilih siapa yang diberikan kesempatan untuk bertanya kepada penyaji. Moderatorlah yang mengatur jalannya diskusi. Moderator sebaiknya menyampaikan "aturan main" sebelum kegiatan diskusi di mulai. Aturan main di sini misalnya menentukan berapa lama penyaji menyampaikan materi, dan menentukan jumlah season pertanyaan. Selain memimpin dan mengatur diskusi, moderator juga harus memandu diskusi. Moderator tidak boleh pergi meninggalkan acara diskusi sebelum acara ditutup. Melalui pemanduan, moderator dapat membuat suasana diskusi menjadi santai atau tegang.

C. Bagaimanakah cara memperkenalkan diri sendiri dan orang lain?
1. Lakukan secara tenang dan meyakinkan dalam suasana rileks.
Sikap tegang atau grogi akan membuat seseorang tidak bisa memaksimalkan kemampuan. Sering kali karena grogi membuat seseorang lupa terhadap materi yang telah dipelajarinya. Maka dari itu, sikap santai dan berpikiran positif akan membuat seseorang dapat mengeluarkan seluruh kemampuannya.
2. Gunakan kalimat-kalimat perkenalan dan ucapkan secara lancar dengan intonasi yang bervariasi.
Moderator harus mampu untuk menganalisis situasi dan kondisi sehingga mampu mengatur seberapa keras suara yang harus dilafalkan. Agar kalimat yang diucapkan terdengat tidak membosankan, maka moderator juga harus mampu mengatur intonasi suara yang berkaitan dengan tingi rendahnya dan keras lembutnya suara. Selain penggunaan intonasi yang bervariasi, penggunaan ekspresi juga harus dilakukan agar tidak terlihat kaku. Selain itu lafalkan setiap kata yang digunakan secara jelas
3. Tempatkan jeda secara tepat.
Penempatan jeda yang tepat mampu menghindarkan dari ambiguaitas (pemaknaan ganda) suatu kalimat.
Contoh ambigu: Semua siswa baru masuk kelas.
Contoh di atas bisa menimbulkan makna baru yaitu: semua siswa di suatu sekolah baru saja masuk kelas, dan semua siswa baru, masuk ke kelas. Jadi, agar tidak menimbulkan pemaknaan ganda harus diberikan jeda pengucapan, atau misalnya dalam bentuk tertulis diberikan tanda koma.
4. Maksimalkan ekspresi
Apabila seseorang berbicara di depan orang banyak tanpa disertai dengan penggunaan ekspresi, baik itu ekspresi wajah (mimik) maupun ekspresi tubuh (gesture/body language) maka akan terlihat kaku dan kurang menarik sehingga akan membuat suasana membosankan.

D. Urutan moderator memimpin diskusi
1. Salam pembuka
2. Menyampiakan tema diskusi
3. Memperkenalkan diri sendiri
4. Memperkenalkan penyaji/pemateri
5. Memperkenalkan notulis
6. Menyampikan "aturan main"
7. Mempersilakan penyaji menyampaikan materi
8. Mempersilakan penanya untuk bertanya
9. Mempersilakan notulis membacakan hasil diskusi
10. Menutup diskusi

E. Hal-hal yang perlu diperkenalkan
a. Moderator dan notulis (nama dan alamat)
b. Penyaji (nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, prestasi, status, dan hobi).

4 komentar:

Achiiee Chuiit mengatakan...

Makasih banyak infonya ya, sangat bermanfaat :)

CeLz Jr mengatakan...

nice buat info nya gan !
sangat bermanfaat :)

Rijal seventh mengatakan...

sipp gan. makasih :)

" Abdi " mengatakan...

trima kasih ya..

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger